Tahukah Ayah dan Bunda, setiap anak perlu mendapatkan perencanaan makanan? Hal ini diperlukan demi nutrisi yang cukup untuknya. Berikut ini terdapat empat kelompok makanan yang perlu diperhatikan untuk penuhi gizi si kecil dalam satu harinya.

  1. Sayuran dan Buah-buahan

Sayur dan buah penting dikonsumsi karena mengandung vitamin, serat dan mineral yang baik untuk tumbuh kembang anak. Mungkin sebagian besar anak ada yang tidak suka dengan sayuran atau buah-buahan, akan tetapi hal ini perlu disiasati. Misalnya dengan memberikannya sebagai topping pizza.

  1. Karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat merupakan sumber energi, serat dan nutrisi bagi tubuh. Biasanya makanan yang berkarbohidrat disukai anak, mulai dari sereal, roti, ubi, nasi, kentang hingga pasta.

3.Susu serta Produk Olahannya

Susu serta produk olahannya merupakan sumber lemak dan kalsium. Fungsinya untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain lemak dan kalsium, terdapat pula kandungan vitamin A. Fungsinya untuk memelihara kesehatan mata, kulit dan mencegah infeksi. Cobalah memberikan 3 porsi susu dalam sehari. Atau bisa diberikan produk turunan susu (keju, yogurt, fromage frais).

  1. Protein

Sumber protein terdapat pada daging, kacang-kacangan, ikan, telur serta sumber protein dari yang lainnya. Setiap anak membutuhkan protein serta zat besi untuk mendukung masa pertumbuhannya. Untuk setiap porsinya antara anak laki-laki dan perempuan berbeda kebutuhannya.

Untuk anak laki-laki dalam satu minggu dapat mengonsumsi 4 porsi ikan (sarden, mackerel dan salmon). Akan tetapi, untuk anak perempuan dalam satu minggu tidak dianjurkan untuk memberikan lebih dari 2 porsi.

Hal ini dikarenakan, ikan berlemak tinggi dapat mengandung zat polutan berkadar rendah. Perlu diingat, anda jangan berhenti untuk memberikan ikan berlemak tinggi sebab manfaatnya lebih besar dibandingkan risiko kesehatan. Selama tidak mengonsumsi melebihi porsinya.

Demikian Ayah dan Bunda, semoga bermanfaat. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.