Tahukah Ayah dan Bunda, jika anak yang berusia di bawah 10 tahun sudah dapat berpikir serta menilai hal-hal yang  dilihat atau didengarkannya? Meskipun begitu, mereka belum mempunyai dasar yang kokoh untuk tidak mengikuti hal baik atau buruk, dan menilai atas apa yang mereka lakukan dapat bebas diikuti asal dirinya senang. Oleh sebab itu, orang tua ataupun guru wajib membimbingnya.

Berikut  beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membentuk karakter anak:

  1. Bersikap Konsisten

Sebagai orang tua tentu anak akan melihat apapun yang dilakukan oleh orang tua. Pembangunan karakter anak dapat dimulai dari sikap konsisten orang tua kepada anak.

  1. Pendidikan Keagamaan

Pendidikan agama perlu ditanamkan sejak dini. Sebab semakin dini pendidikan agama ditanamkan tentu akan memberikan pondasi iman yang kuat bagi anak-anak. Sebagai contoh, orang tua dapat mengajak anak untuk pergi ke masjid untuk melakukan sholat berjamaah.

  1. Input yang Diterima

Kebiasaan adalah hal sering dianggap ringan, namun nyatanya penting serta riskan. Orang tua harus mengetahui bahwa anak-anaknya yang telah dididik sedari kecil memiliki kebiasaan yang baik. Sehingga ketika besar nanti akan terbiasa melakukan kebiasaan-kebiasaan baik itu. Sebagai contohnya anak diajarkan makan dengan tangan kanan serta bertutur dengan kata yang baik.

  1. Peniru Ulung

Anak merupakan peniru yang ulung. Jadi, sebelum orang tua menerapkan pendidikan pada anak. Orang tua juga harus memahami bahwa anak usia dini adalah peniru yang hebat. Sebagai role model, orang tua harus mengintrospeksi dirinya kembali. Barangkali terdapat perilaku yang kurang baik muncul, sehingga anak akan menirunya.

  1. Tidak Memanjakan

Seringnya dimanja mereka menjadi pribadi yang kurang mandiri. Sedih memang ketika anak menangis ketika apa yang mereka inginkan tidak diwujudkan. Akan tetapi tidak semua keinginan mereka harus diwujudkan. Adakalanya anak juga memahami kondisi orang tua.

Demikian Ayah dan Bunda, semoga bermanfaat. Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.