Otak merupakan organ penting dalam tubuh. Otak berfungsi sebagai pengendali organ lainnya. Jadi, akan berbahaya sekali apabila otak kita bermasalah. Oleh karena itu kita harus rajin menjaganya agar tetap sehat. Berikut ini terdapat cara memelihara kesehatan otak dengan membatasi beberapa asupan makanan di bawah ini, diantaranya:

  1. Lemak Trans Fat

Ketika sering mengonsumsi lemak trans fat ini, maka di dalam otak akan mengurangi suplai oksigen. Selain itu, lemak trans juga dapat mengubah proses metabolisme tubuh dan mempercepat terjadinya pengerasan pada arteri. Sehingga menimbulkan penyakit jantung.

  1. Lemak Jenuh

Biasanya makanan lezat mengandung lemak jenuh. Akan tetapi, jangka panjang mengonsumsinya bisa menyebabkan plak di pembuluh darah dan inflamasi. Jika penyempitan tersebut terjadi di pembuluh arteri yang masuk ke otak, maka dapat terjadi demensia.

  1. Gula Tambahan

Gula tambahan yang biasa terdapat di dalam makanan atau minuman bisa menimbulkan protein tidak berfungsi dengan baik.

Gula tambahan juga dapat menyebabkan penuaan dalam sistem arteri dan meningkatnya kadar insulin. Oleh karena itu, dalam mengonsumsi gula tidak lebih dari empat gram pada setiap sajian.

  1. Sirup

Sirup sudah tidak asing di telinga kita. Apalagi saat musim lebaran datang, hampir semua orang menyajikan menunya dengan sirup. Sebenarnya pada sirup juga sama halnya dengan gula tambahan, menyebabkan sindrom metabolik, disfungsi protein serta obesitas. Untuk menggantinya, dapat memilih bahan alami yang bisa dijadikan sebagai pemanis.

  1. Karbohidrat sederhana

Jenis-jenis karbohidrat beragam, akan tetapi bagi orang Indonesia, bila tidak makan nasi itu belum makan. Walaupun sudah makan mie ataupun roti. Kebiasaan seperti ini sebaiknya perlu dibatasi serta mengganti dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks yang berserat tinggi. Tujuannya untuk memberikan rasa kenyang dalam jangka waktu lama, sehingga kadar gula dalam darah normal.

Demikian Ayah dan Bunda, semoga bermanfaat. Jaga asupan gizi anak-anak kita. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.