Mendidik anak bukanlah urusan remeh. Ketika salah dalam bersikap kepada anak, dapat menimbulkan dampak yang mungkin tidak ringan. Maka perlu adanya bimbingan dari orang – orang berilmu (‘alim) dalam proses pendidikan anak kita.

Menentukan sikap kepada anak harus disesuaikan dengan usianya. Anak memiliki tingkatan usia yang berbeda, maka metode mendidiknya juga berbeda. Terdapat ahli hikmah berkata, “Apabila anakmu masih kecil, luruskanlah dia! Apabila anakmu berangkat remaja, temanilah dia. Apabila anakmu telah dewasa, arahkanlah dia!”

3 tingkatan usia tersebut sebaiknya diperhatikan oleh orang tua. Khususnya dalam memilih metode pendidikan untuk anaknya.

Usia Kanak-kanak

Pada usia ini maka pendidikan adab adalah yang utama. Saat diajarkan tentang adab ini, dilakukan dengan cara yang baik. Jangan sampai disikapi keras, karena anak akan semakin jauh dari orang tuanya. Dan bahayanya anak enggan patuh, sehingga semakin jauh dari kebenaran.

Sebaiknya ayah dan bunda memberi pengajaran adab dengan cara yang disukai anak. Bagi anak di bawah usia tamyiz, maka hendaknya tidak mewajibkan hal-hal yang belum diwajibkan untuk anak.

Sebagai contoh, mengenai aurat anak perempuan. Terdapat hukum tertentu jika anak di bawah usia tamyiz. Apabila usia anak 7-10 tahun, ada pula hukum tertentu untuk masalah auratnya.

Kadang kala terdapat orang tua yang terlalu ketat kepada anak dalam urusan yang sebenarnya diperbolehkan syariat. Sikap seperti ini kadang tidak membawa kebaikan, justru dapat membuat anak tidak suka.

Usia Pra remaja

Dalam mendidik anak usia pra remaja membutuhkan ilmu. Orang tua harus rajin bertanya dan mencari tahu kepada para ulama, misalnya terkait masalah pakaian, pergaulan, meminta izin dll.

Sebagai orang tua harus menyadari bahwa sebelum anak baligh, mereka harus mempunyai bekal ilmu tentang beberapa hukum. Sebab di dalam islam, pembebanan syariat berlaku ketika anak memasuki usia baligh.

Demikian semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.

(Bersambung)