Seringkali orang tua bimbang dalam menghadapi anak-anaknya. Terutama mengenai hal menjaga perasaan anak.

Pentingkah Orang Tua Marah?

Kita sebagai orang tua memang tidak semestinya marah (meluapkan emosi) kepada anak. Memarahi anak ketika ia berbuat salah adalah dengan menasihatinya. Jadi memarahi anak bukanlah marah di hadapan anak. Ini sangat penting dibedakan ya Ayah Bunda. Jangan sampai emosi kita yang meledak-ledak ditumpahkan kepada anak.

Berikan nasihat kepada anak sesuai dengan kebutuhannya. Buatlah anak mengerti mengenai apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Berikan penjelasan yang memungkinkan untuk dipahami anak.

Perasaan anak sebenarnya sama dengan adab kita ketika memperlakukan manusia lainnya. Sebagaimana diri ini yang tidak suka saat diremehkan, diabaikan, dibohongi ataupun diancam. Tidak suka juga apabila orang terlalu menyoroti kesalahan kita. Walaupun mungkin banyak hal positif yang kita sudah lakukan. Kita akan lebih suka apabila mendapatkan penjelasan mengenai hal apa yang boleh atau tidak beserta alasan yang jelas kenapa hal tersebut tidak boleh dilakukan. Kita tidak suka dicurigai apalagi diperlakukan kasar, manusia sangat suka diperlakukan penuh cinta. Semestinya begitulah kita dalam menjaga perasaan anak-anak.

Hal lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah cara memperlakukan anak harus sesuai dengan tahapan usia anak. Bukan dengan status anak sebagai anak pertama, tengah, terakhir ataupun kembar. Saat menggunakan status mereka justru dikhawatirkan akan berakibat tidak baik. Misalnya anak tersebut adalah anak bungsu dan orang tua masih melabelkan status “bungsu” itu hingga ia beranjak dewasa.

Hadiah dan Hukuman

Seringkali sistem hukuman tidak bertahan lama pada anak. Hingga anak bisa cenderung memiliki agresivitas tinggi. Cara alternaif yang bisa diambil adalah dengan memberinya hadiah ketika anak berbuat baik. Apabila perilaku negatifnya muncul, orang tua dapat mengabaikan atau mengambil sesuatu yang anak sukai.

Demikian Ayah dan Bunda, semoga bermanfaat. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.