Masa balita merupakan periode ketika perkembangan fisik serta mental berkembang pesat. Otak balita siap untuk mendapatkan stimulasi, seperti belajar berjalan maupun berbicara. Oleh karena itu, orang tua perlu mencermati beberapa hal ketika merencanakan menu makanan untuk sang buah hati:

  1. Batasi Konsumsi Gula Tambahan

Konsumsi gula untuk balita harus dibatasi, jangan terlalu banyak.

  1. Porsi Makan

Menyiapkan porsi makan untuk anak juga berbeda dengan kita, orang dewasa. Anak-anak lebih membutuhkan makanan sumber energi dengan nutrisi lengkap dalam jumlah lebih kecil namun jangka waktunya sering.

  1. Cermati Kebutuhan Nutrisi dan Energi

Karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral serta serat wajib dikonsumsi si kecil setiap hari. Atur agar semua sumber gizi tersebut ada dalam menu setiap hari.

  1. Susu

Susu merupakan salah satu jenis sumber kalsium. Dalam tiap harinya balita membutuhkan 350 ml. Hal ini bermanfaat sekali dalam masa pertumbuhan si kecil.

  1. Menu Seimbang

Menu seimbang terdiri atas karbohidrat, yang meliputi: nasi, sereal, atau kentang. Orang tua penting sekali untuk mengenalkan pada anak sebagai menu utama atau selingan secara bergantian.

Lalu terdapat aneka buah dan sayuran, yang baik diberikan setiap hari misalnya dalam bentuk diolah menjadi sup atau jus.

Berikutnya, susu serta produk turunannya, yang meliputi yoghurt, keju atau susu pertumbuhan. Ayah dan Bunda juga perlu memastikan cukupnya asupan kalsium pada anak.

Kemudian ada protein. Protein dapat diperoleh dari kacang-kacangan, jamur, daging, susu, ikan atau telur. Namun, perlu diperhatikan apabila anak muncul alergi. Maka Ayah dan Bunda perlu menggantinya dengan sumber protein lainnya.

Terakhir adalah lemak, biasanya dapat diperoleh dari mentega, minyak santan, kue yang memiliki kandungan omega 3 serta 6. Manfaatnya sangat baik untuk otak anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya.

Demikian Ayah dan Bunda, semoga bermanfaat. Terima kasih. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.