Kita perlu membantu bayi dalam proses perkembangan indra pengecap.  Beberapa cara berikut ini bisa dilakukan ya ayah bunda:

  1. Konsumsilah makanan sehat selama hamil.

Bayi akan cenderung menyukai rasa yang ia dapatkan selama ia di dalam kandungan. Dengan demikian apa yang Ibu konsumsi selama hamil akan mempengaruhi terhadap selera rasa si kecil nanti. Oleh karena itu, ibu hamil perlu untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi agar indra pengecap bayi juga bisa merasakan rasa yang bervariasi pula.

  1. Konsumsilah makanan yang bervariasi selama masa menyusui.

Tidak hanya pada saat hamil, tetapi pada saat menyusui ibu juga perlu untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi. Dengan demikian bayi juga turut merasakan sensasi rasa tersebut melalui ASI.

  1. Kenalkanlah berbagai macam makanan.

Rasa dan tekstur makanan yang bervariasi akan membantu proses bayi dalam mengasah indra pengecapnya. Hal ini juga akan membantu bayi untuk menikmati berbagai jenis makanan pada saatnya nanti.

  1. Jangan terlalu banyak makanan dengan gula tambahan ataupun rasa asin yang berlebihan.

Makanan yang terlalu banyak gula bisa menimbulkan masalah pada gigi dan gusi. Sementara itu garam yang terlalu banyak belum bisa diproses oleh bayi karena ginjal bayi kemampuannya masih terbatas.

  1. Tunjukkan rasa gembira.

Pada saat mengenalkan jenis makanan baru yang padat bisa jadi bayi akan menolaknya. Cara menyiasatinya bisa dengan cara kita sebagai orangtua menunjukkan ekspresi gembira terhadap makanan tersebut. Harapannya si kecil juga akan terpengaruh terhadap ekspresi kita dan si kecil pun kemudian akan menjadi mau dan semangat untuk mencoba makanan baru tersebut.

  1. Posisikan bayi di kursi makan agar ia bisa melihat saat Anda makan.

Walaupun bayi pada saat itu belum akan mengonsumsi makanan seperti yang dikonsumsi orang tuanya, tapi tidak ada salahnya kita membiarkan bayi untuk melihat kita dalam mengonsumsi berbagai macam makanan. Harapannya hal ini akan membuat bayi lebih bersikap terbuka pada berbagai jenis makanan baru yang pada saatnya nanti akan ia konsumsi.

Demikian beberapa cara dalam membantu proses stimulasi indra pengecap pada bayi semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.