ASI sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. ASI merupakan makanan terbaik bayi khususnya di usia 6 bulan pertama. Sayangnya, banyak ibu menyusui yang justru mendapatkan masalah dalam produksi air susu ibu.
Beberapa makanan berikut ini bisa Bunda manfaatkan untuk menambah produksi ASI :


1. Daun Katuk.
Daun ini mempunyai kandungan vitamin A, C, B, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna.

2. Bayam.
Bayam banyak mengandung vitamin B6, protein, thiamin, asam folat, kalsium, kalium, dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

3. Daun Pepaya.
Daun pepaya memang rasanya pahit, namun banyak khasiatnya. Daun ini banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang membantu memperlancar produksi ASI.

4. Daun Mangkokan.
Salah satu sebab kurangnya produksi ASI adalah karena adanya penyumbatan di saluran ASI. Daun mangkokan bisa digunakan sebagai terapi pelancar ASI.

5. Kacang Hijau.
Thiamin atau vitamin B dalam kacang hijau mengubah karbohidrat menjadi energi karena ibu menyusui butuh energi lebih besar daripada ketika hamil.

6. Kedelai.
Mengonsumsi kedelai yang mengandung phytoestrogen dapat membantu ibu menyusui memproduksi ASI yang lebih melimpah dan lancar.

7. Kacang-kacangan.
Almond dan kacang mete merupakan kacang terbaik untuk ibu menyusui. Secara umum, kacang-kacangan merupakan sumber protein yang sehat dan mendukung produksi ASI.

8. Buah-buahan.
Berbagai buah segar seperti pepaya, mangga, jambu air, semangka, pisang, dan avokad baik untuk dikonsumsi ibu menyusui. Buah tidak akan mengakibatkan Bunda terlalu gemuk, serta bisa menjadi pembuang racun.

9. Jagung.
Kandungan asam folat yang banyak terdapat dalam jagung bisa melancarkan produksi ASI.

10. Ubi Jalar.
Di dalam daun ubi jalar terdapat zat laktogagum, karotenoid, dan zat besi yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Pilihlah daun ubi jalar yang bersih dan bebas pestisida.

Hal lain yang harus Bunda perhatikan adalah konsumsi air putih yang cukup. Komponen utama ASI adalah air. Jadi, jika Bunda kurang banyak dalam mengonsumsi air, maka produksi ASI juga akan kurang.
Demikian, semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.