Ayah dan Bunda, anak-anak merupakan generasi penerus bangsa serta umat ini. Oleh sebab itu, mereka harus dipahamkan Al-Qur’an sedini mungkin. Mungkin masih terdapat pertanyaan, mengapa anak perlu memahami Al-Qur’an?

Berikut beberapa alasannya.

  1. Karena perintah dari Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda :

”Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah, lalu mereka membaca kitabullah dan mempelajarinya; melainkan akan turun ketenangan kepada mereka, diliputi dengan rahmat Allah, dikelilingi para malaikat dan dipuji-puji Allah di hadapan (para malaikat) yang ada di sisi-Nya”. HR. Muslim dari Abu Hurairah.

  1. Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam saat membaca al-Qur’an juga dengan memahami maknanya

Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam merupakan suri tauladan bagi kita semua, sudah sepantasnyalah kita semua mengikuti apa yang dilakukan beliau. Berikan pengertian pada anak-anak bahwa Nabi Muhammad adalah contoh terbaik.

Dengan memahami maknanya apabila beliau shalat seringkali air mata beliau terjatuh sebab menghayati ayat yang dibacanya.

  1. Karena dengan memahami al-Qur’an, kita dapat mengamalkannya

Allah ta’ala menurunkan al-Qur’an sebagai petunjuk bagi hamba-hamba-Nya. Hal tersebut salah satunya dijelaskan dalam, QS. Al-Baqarah: 1 – 2.

Karena al-Qur’an adalah petunjuk, jadi harus diamalkan. Apabila tidak diamalkan mengapa ia dijadikan sebagai petunjuk? Serta bagaimana mungkin akan mengamalkannya apabila tidak mengetahui maknanya?[ Lihat: al-Mufassir; Syurûthuh, Âdâbuh, Mashâdiruh, karya Ahmad Qusyaidi Suhail (hal. 47).]

Jadi, Ayah dan Bunda, marilah kita sisihkan waktu untuk mempelajari isi al-Qur’an, minimal membaca terjemahannya, lebih baik lagi apabila diiringi menelaah kitab-kitab tafsir para ulama Ahlus Sunnah.

Luangkan juga waktu untuk bersama anak-anak untuk turut serta memahaminya. Jika kebiasaan baik ini dilakukan, maka dapat menjadi tabungan amal kita.

Demikian Ayah dan Bunda, semoga bermanfaat. Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.