Setiap anak adalah unik dan memiliki perbedaan antara anak yang satu dengan lainnya. Berbicara mengenai perbedaan tentu setiap anak memang mempunyai perbedaan. Tapi pernahkah kita mendengar istilah “retardasi mental” yang dialami anak? Memang terdengar asing, biasanya lebih akrab dikenal dengan “tuna grahita”.

Retardasi mental merupakan suatu keadaan di mana kemampuan intelektual individu di bawah rata – rata, yakni IQ kurang dari 70. Serta adanya gangguan perilaku adaptif (kemampuan individu di dalam membangun hubungan sosial serta menyelesaikan suatu permasalahan kesehariannya. Misalnya, belanja, menggunakan uang dll.

Menurut hasil tes IQ, kategori retardasi mental dibagi menjadi 4:

  1. Retardasi Mental Ringan

Memiliki tingkat IQ antara 50 – 69. Pada umumnya, anak dengan retardasi ringan mengalami kesulitan dalam bidang akademik. Perkembangan bahasanya lambat, akan tetapi cukup untuk aktivitas berbicara dengan orang disekitarnya. Anak seperti ini dapat dididik dan dilatih untuk dapat hidup secara mandiri.

  1. Retardasi Mental Sedang

Memiliki tingkat IQ 35 – 49. Biasanya mengalami perkembangan prestasi akademik yang rendah. Mampu berkomunikasi secara sederhana dan ada juga yang hanya dapat berkomunikasi untuk kebutuhan dasar.

  1. Retardasi Mental Berat

Memiliki tingkat IQ 20 – 34. Kemampuannya sama dengan retardasi mental sedang. Secara umum, terdapat gangguan gerakan (fisik motorik).

  1. Retardasi Mental Sangat Berat

Memiliki IQ di bawah 20. Pemahaman sangat terbatas. Dibutuhkan latihan serta pengawasan tepat. Agar anak dapat mengerjalan tugas praktis dan sederhana.

Menurut beberapa para ahli, baik dan buruknya perkembangan anak bergantung pada lingkungannya. Khususnya bagi anak retardasi mental, peran keluarga sangat membatu kemampuannya untuk hidup mandiri. Keluarga harus bisa menerima keadaan sang anak dan berusaha untuk menerapkan pola pengasuhan yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Demikian Ayah dan Bunda, semoga bermanfaat. Pembahasan selanjutnya akan bersambung lagi. Ditunggu ya… (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.