Hewan peliharaan merupakan sesuatu yang sangat disukai termasuk oleh anak-anak. Manfaatnya juga banyak misalnya menjadi teman bermain juga membuat anak belajar mengenal dan mengembangkan belas kasih kepada sesama makhluk hidup. Anak juga bisa berlatih untuk bertanggung jawab.

Sayangnya hewan peliharaan seperti kucing kadangkala bisa menjadi pencetus alergi pada anak. Kita sebagai orang tua perlu memperhatikan apabila anak mengalami gatal-gatal atau bersin-bersin. Bisa jadi kucing kesayangan adalah pemicunya.

Apabila ada bukaan seperti ini bagaimana sih cara mencegah agar tidak terjadi alergi Karena sebab hewan peliharaan?

  1. Bersihkan rumah secara rutin.

Hewan peliharaan tentu meninggalkan berbagai macam kotoran termasuk diantaranya adalah bulu-bulu kulit mati atau air urin. Berbagai macam kotoran tersebut bisa jadi menempel di sofa, karpet, atau bahkan sprei. Oleh karena itu jangan lupa untuk secara rutin membersihkan rumah ya ayah bunda.

  1. Tentukan batas area hewan peliharaan.

Apabila diduga anak alergi hewan peliharaan maka sebaiknya area binatang peliharaan tersebut dibatasi ya ayah bunda. Jangan biarkan hewan peliharaan terlalu sering masuk ke dalam kamar atau area yang sering ditempati anak.

  1. Hindari interaksi dengan hewan peliharaan.

Ini salah satu cara yang efektif ya ayah bunda. Prinsipnya jika tidak ada alergen, maka reaksi alergi tidak akan muncul. Oleh karena itu silahkan ada anak menghindari interaksi dengan hewan peliharaan terlebih dahulu.

Demikian beberapa cara dalam menghindari alergi karena hewa peliharaan. Semoga bermanfaat. Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.