Potensi anak sudah muncul sejak usianya yang masih dini. Pada usia yang masih sangat muda ini, otak anak tumbuh pesat dan siap untuk diisi dengan berbagai macam informasi bermanfaat. Pada masa ini, otak bisa diibaratkan seperti spons yang sangat mudah menyerap air. Tugas kita sebagai orang tua adalah memberikan air tersebut agar otak anak berisi informasi yang baik dan bermanfaat, bukan informasi sampah.

 

Apabila kita sudah membiasakan memberikan informasi yang baik, maka otak anak akan menyerapnya. Oleh karena itu, menstimulasi sejak usia dini adalah sangat penting.

Beberapa hal berikut ini bisa dilakukan untuk mengoptimalkan potensi anak sejak dini :

 

  1. Berikan stimulasi yang tepat untuk anak.

Berikanlah stimulasi atau rangsangan agar anak terpicu semangatnya untuk belajar. Misalnya dengan memberikan cerita atau bacaan, fasilitas belajar, dan lain sebagainya. Rangsangan ini juga akan membuat anak terbiasa belajar.

 

  1. Berikan dukungan kepada anak.
    Saat anak menemui masalah yang sulit ia pecahkan, berikanlah dukungan untuk memperkuat anak. Dengan demikian, anak akan merasa semangat dan tidak putus asa.
  1. Kenali potensi anak dengan tepat.

Perhatikan apakah anak mempunyai potensi tertentu atau kelebihan tertentu. Cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah dengan melakukan permainan. Pilihlah permainan yang bisa menumbuhkan kemampuan motorik ataupun kognitif sesuai usia anak.

  1. Berikan pujian.

Saat anak mau melakukan hal-hal baik, berikanlah pujian agar anak merasa dihargai. Tidak perduli seberapa besar atau kecil hal tersebut. Pujian ini dimaksudkan sebagai penghargaan kita kepada anak sehingga diharapkan akan memacu anak untuk terus melakukan perbuatan baik tersebut. Pujian dan penghargaan juga akan membuat anak memiliki rasa percaya diri.

  1. Beri kesempatan berkreasi.

Dunia anak penuh dengan berbagai imajinasi. Banyak permainan yang bisa diberikan agar anak kreatif dengan imajinasinya. Misalnya, berikanlah kertas kosong dan pensil. Biarkan anak menggambar sesuai dengan keinginannya.

Demikian beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan potensi anak. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.