Dalam mendidik anak, pelukan sangat penting. Apabila kita memeluk anak kita, maka dalam diri anak bisa muncul rasa aman, nyaman, perasaan disayang, dan berbagai hal positif lainnya. Pertanyaannya, kapan waktu yang tepat untuk memeluk anak kita?

Pertama, peluklah anak ketika ia sedang merasa sedih atau marah. Dengan kita berikan pelukan, anak akan merasa lebih tenang. Anak juga akan merasa aman karena mendapatkan perlindungan. Dengan munculnya rasa tenang dan aman tersebut, maka anak akan lebih mudah menyelesaikan masalah yang ia hadapi.

Kedua, peluklah anak ketika kita memberikan nasihat. Islam mengajarkan bahwa memberikan nasihat dengan bil hikmah. Caranya harus baik dan menyenangkan. Memberikan nasihat sambil memeluknya, akan membuat anak merasa disayang sehingga lebih mudah menerima nasihat dari orang tua.

Ketiga, peluklah anak ketika ia berani melakukan sesuatu hal yang baru yang sebelumnya mungkin ia takuti, atau ia tidak bisa. Pelukan kita menunjukkan rasa bangga dan bahagia kita atas usahanya dalam mencoba hal baru tersebut. Bisa jadi, anak belum berhasil dalam hal baru tersebut. Akan tetapi, pelukan kita akan menjadi penghargaan atas usaha kerasnya, sehingga anak akan bersemangat untuk terus mencobanya sampai nanti berhasil.

Keempat, peluklah anak ketika kita ingin memeluk mereka. Dalam mengasuh anak, terjadi hubungan timbal balik antara anak dengan orang tua. Orang tua juga bisa merasa resah atau marah kepada anak. Dengan memeluk anak, maka akan muncul rasa kebersamaan yang membuat kita menjadi lebih lega.

Ayah Bunda, marilah kita berikan pelukan terbaik untuk anak-anak kita. Insya Allah suasana pengasuhan anak akan lebih terasa nyaman dan membuat bahagia. Demikian, semoga bermanfat. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.