Imam Malik rahimahullah pernah berkata pada seorang pemuda Quraisy,“Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu.” Sementara itu Imam Abu Zakariya al-‘Anbariy berkata;

Ilmu tanpa adab seperti api tanpa kayu bakar, dan adab tanpa ilmu seperti ruh tanpa jasad.”

Bagaimana caranya agar anak-anak kita bisa memiliki adab yang luhur?

Silakan lakukan beberapa hal berikut ini ya Ayah Bunda :

Pertama, Penamaman keimanan anak kepada Allah SWT. Pahamkan bahwa Allah mencintai hamba-nya yang berakhlak mulia. Jelaskan bahwa seorang muslim perlu untuk memiliki sifat jujur, sopan, suka menolong, dan sifat-sifat mulia lainnya.

Kedua, Berikan contoh perlakuan yang mulia dan penuh kasih sayang kepada anak. Hindarilah memarahi anak, mencela anak, ataupun mempermalukan anak. Biasakanlah memanggil anak dengan panggilan yang baik, panggilan sayang, panggilan pujian. Misalnya : Anak sholih, anak pintar, dan sejenisnya. Jangan panggil anak-anak dengan panggilan buruk.

Ketiga, Jika anak melakukan tindakan yang kita nilai kurang baik, berikanlah nasihat kepada mereka dengan proporsional. Jangan berlebihan dalam memarahi anak. Cukup sampai mereka mengerti kesalahnnya, dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Penting untuk mengetahui apakah anak sudah tahu apa yang dilakukannya baik atau buruk. Jika anak belum tahu, kurang bijak untuk memarahinya. Beritahulah anak terlebih dulu tentang apa yang boleh dan tidak boleh.

Keempat, Cepat merespon tingkah laku anak. Apabila anak berbuat salah, segeralah memberikan respon, misalnya dengan menasihati. Jangan dibiarkan karena anak akan menganggap kesalahn tersebut bukan perbauatan yang salah. Anak akan mengira hal tersebut dibenarkan orang tuanya.

Kelima, Bangunlah kebiasaan baik di dalam keluarga. Pembiasaan ini harus dimulai dari kedua orang tua ya Ayah Bunda. Dengan kebiasaan baik ini, harapannya anak akan menirunya dan akan menjadi masuk dalam kebiasaan anak.

Keenam, berdoa kepada Allah. Kalau semua upaya sudah dilakukan, jangan lupa juga untuk berdoa. Mintalah kepada Allah agar anak-anak kita tidak hanya pintar, tetapi juga berakhlak mulia.

Demikian beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam mendidik abak agar mempunya adab yang baik. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.