Anak-anak akan melalui fase mengasah kemampuan motorik halus dan koordinasi tangan serta mata. Salah satu benda yang sering menjadi perhatian anak adalah gunting. Anak seringkali suka menggunting kertas dan benda-benda lainnya.

Dalam kondisi ini mungkin bunda akan merasa khawatir bahwa anak akan terluka atau menggunting benda yang semestinya tidak boleh digunting. Lantas bagaimana cara menyiasati agar hobi baru si kecil ini tetap aman dan bermanfaat?

Berikut ini tipsnya ya Ayah Bunda :

  1. Berikan jenis gunting yang tepat untuk anak.

Gunting sebagai benda yang tajam tentu bisa berbahaya jika digunakan dengan tidak berhati-hati. Anak tentu saja belum bisa menggunakan gunting dengan sikap yang benar-benar berhati-hati. Oleh karena itu silakan menyiapkan 1 jenis gunting khusus yang aman untuk anak. Gunting khusus ini ujungnya tidak tajam. Ada juga jenis khusus yang modelnya zig-zag. Gunting ini relatif aman untuk anak walaupun masih bisa digunakan untuk menggunting kertas.

  1. Berikan contoh cara memegang gunting yang benar.

Sebelum anak mulai menggunting, alangkah baiknya orang tua memberikan contoh bagaimana cara memegang gunting dan mengoperasikan gunting dengan benar. Jadi anak bisa belajar dengan cara meniru Bagaimana cara orang tua menggunakan gunting.

  1. Pahamkan anak tentang benda yang boleh digunting.

Si kecil bisa jadi sangat bersemangat dalam bermain gunting. Berbagai kertas dan benda-benda saja ia ambil dan mulai ia gunting. Tentu akan menjadi masalah Jika ternyata si kecil menggunting kertas-kertas atau dokumen penting yang semestinya tidak boleh rusak. Oleh karena itu silakan Ayah Bunda memberikan kertas-kertas putus yang boleh digunting serta beritahukan kepada anak tentang benda-benda yang tidak boleh digunting.

  1. Amankan gunting milik orang tua.

Gunting anak berbeda dengan gunting orang tua. Sebaiknya Ayah Bunda menyimpan dengan aman atau menyembunyikan gunting milik orang tua yang jauh dari jangkauan anak. Beritahukan pula bahwa gunting milik orang tua berbeda dengan gunting yang dimiliki anak. Jelaskan bahwa gunting milik orangtua bisa berbahaya jika digunakan dengan tidak berhati-hati.

Demikian beberapa tips dalam mengajari anak dengan gunting. Semoga bermanfaat. Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.