Kebutuhan gizi anak sebenarnya sudah bisa dipenuhi dari makanan sehat yang dikonsumsi sehari-hari, serta dari ASI. Makanan sehat adalah sumber gizi yang terbaik. Diantara makanan sehat yang bagus untuk diberikan kepada bayi dan balita adalah :
1. Susu dan produk olahannya seperti keju, yoghurt.
2. Buah.
3. Sayuran.
4. Protein (daging ayam, daging sapi, ikan, dan telur).
5. Gandum utuh atau beras merah.
6. Dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, pemberian suplemen vitamin pada kondisi anak yang sehat dan tumbuh normal tidak diperlukan. Walau demikian, memang ada kondisi tertentu yang bisa menandakan anak membutuhkan asupan suplemen vitamin. Sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter agar bisa diberikan dosis yang lebih tepat.

Lantas, apa saja tanda anak membutuhkan asupan suplemen?
Berikut ini diantara tanda-tandanya :
1. Anak pemilih makanan.
2. Anak tidak bisa makan makanan yang sehat secara rutin.
3. Anak dengan gangguan kesehatan kronis seperti asma, gangguan pencernaan. Sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika anak sedang mengonsumsi obat.
4. Anak yang sering melakukan olahraga yang memberatkan fisik.
5. Anak yang sering mengonsumsi makanan cepat saji.
6. Anak yang suka minum minuman berkarbonasi sehingga ada kemungkinan kehilangan cadangan vitamin dan mineral tubuh.
Setelah diketahui tanda-tandanya, vitamin apa yang sebaiknya diberikan? Insya Allah akan kita bahas dalam pembahasan di minggu yang akan datang. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.