“Apabila dalam diri seorang anak terlihat akhlak yang baik dan perbuatan yang terpuji, hendaklah ia dihormati, diberikan imbalan kepadanya sesuatu yang dapat menyenangkan, dan dipuji di hadapan orang banyak guna menyemangatinya untuk melanjutkan akhlak yang mulia dan perbuatan terpuji nya…” (Imam Al-Ghazali).

Pujian merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengubah perilaku anak. Pujian memiliki kekuatan untuk membentuk perilaku positif pada anak-anak. Orang tua merupakan salah satu pihak yang memiliki otoritas yang tinggi bagi anak-anak. Anak-anak tentu meyakini bahwa apa yang dikatakan orang tua kepada mereka merupakan sebuah kebenaran. Oleh karena itu tentu merupakan suatu hal yang tepat apabila orang tua menggunakan pujian sebagai salah satu sarana yang efektif dalam upaya membangun pribadi yang positif pada diri anak-anak.

Teknik memuji ini harus dipelajari dengan baik agar bisa ditemukan Bagaimana cara memuji yang tepat bagi anak. Jangan memuji anak jika nanti justru berdampak pada kesombongan bahkan kemalasan. Caranya adalah jangan memberikan pujian yang terlalu umum, tetapi berilah pujian yang spesifik mengenai sesuatu hal yang khusus tentang apa yang kita hargai.

Jangan pula memberikan pujian yang kosong tanpa arti. Pujian yang kita berikan harus tulus dan kita harus memastikan juga bahwa anak-anak pujian ini.

Contoh pujian yang kurang tepat misalnya adalah memberikan pujian yang terlalu umum misalnya “kamu anak cerdas”. Pujian seperti ini ternyata justru bisa membuat anak untuk menghindari suatu tantangan agar mereka merasa tampil sebagai anak cerdas atau dengan kata lain menghindari resiko terlihat tidak cerdas atau memalukan. Pujian seperti ini justru membuat pikiran anak bersifat tetap dan tidak berkembang.

Pujian yang lebih tepat adalah pujian yang menilai Sisi prosesnya misalnya “kerja kerasmu mengagumkan”. Pujian seperti ini akan membentuk pikiran anak untuk selalu berkembang.

Demikian semoga bermanfaat ya Ayah Bunda. Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.