Pedoman hidup umat Islam adalah Al-Qur’an. Oleh sebab itu mengajarkan Al-Qur’an pada anak adalah hal yang wajib diprioritaskan orang tua. Terdapat salah satu Hadits Riwayat Bukhari dari Utsman bin ‘Affan radhiyallahu’anhu, yang artinya “Sebaik – baik kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya”. Ini menunjukkan betapa pentingnya mengajarkan Al-Qur’an, terutama pada anak-anak.

Bagi ayah dan bunda, berikut ini terdapat beberapa tips untuk mengajarkan anak membaca Al-Qur’an:

  1. Bacakanlah ayat Al-Qur’an sedari anak masih di dalam kandungan. Sudah banyak yang membuktikan ini. Tidak sedikit para bunda yang kagum ketika anaknya menginjak usia 2 tahunan sudah dapat mengeluarkan kata berupa ayat-ayat dari Al-Qur’an. Dan setelah diketahui, orang tuanya mengatakan bahwa mereka sering membaca ayat – ayat Al-Qur’an.
  2. Memperdengarkan lantunan Ayat Suci Al-Qur’an setiap hari di Rumah. Usia anak – anak masih suka dengan bermain. Tetapi tidak masalah jika kita memperdengarkan anak dengan Al-Quran, hal ini justru akan menstimulus otak bawah sadarnya untuk merekam bacaan ayat – ayat Al- Qur’an dan tanpa disadari anak akan hafal dengan sendirinya.
  3. Konsisten. Konsisten juga salah satu kunci untuk mendukung keberhasilan orang tua mengajarkan Al-Quran terhadap anaknya.
  4. Jadilah tauladan. Ayah dan bunda jika ingin anak-anaknya pandai membaca Al-Qur’an maka ayah dan bunda juga harus rajin membaca Al-Qur’an. Karena anak adalah peniru yang ulung, mereka akan melakukan apa yang dilihat dalam kesehariannya.
  5. Meminta anak membaca surat sepenggal – penggal berulang. Hal ini bertujuan untuk membenarkan bacaan pada sang anak. Jika terjadi kesalahan maka segera dibenarkan.
  6. Memberikan reward. Ketika anak berhasil menghafal ayat Al-Qur’an maka orang tua dapat memberikan hadiah.
  7. Menanamkan dalam jiwa anak jika membaca Al-Qur’an adalah ibadah. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan keikhlasan di hati anak.

Demikian Ayah dan Bunda, semoga bermanfaat. Selamat mencoba. (Tim Karima; www.karimafood.com)

Bagi Ayah Bunda yang ingin berlangganan materi edukasi tentang Bayi, Balita, dan Pendidikan Anak, silakan bergabung ke WA Group Edukasi Karima. Silakan klik : https://karimafood.com/ke untuk bergabung. GRATIS.